Minggu, 10 April 2011

WEB SCIENCE (BAB 3)

3.1 Web Semantik
Web adalah arsitektur berprinsip standar, bahasa dan
formalisms yang menyediakan platform untuk aplikasi heterogen banyak.
Hasilnya bisa mudah menjadi kusut, dan keputusan yang dibuat tentang
standar yang mengatur satu formalisme dapat memiliki konsekuensi di luar,
yang dapat timbal tentu saja untuk keputusan desain yang kompleks (cf. [146]). Memang,
beberapa tuntutan di Web membuat godaan untuk model yang
16.

3.1. Web Semantik 17
Trade-off antara expressivity
dan kegunaan adalah akibat dari penyalahgunaan umum dari formalisms tersebut. Untuk
contoh - kita akan membahas contoh ini secara lebih rinci di bawah ini - menggunakan
dari mesin, diimplementasikan dan diusulkan, dari Web Semantic
[35, 17] untuk memperpanjang Web merupakan tujuan umum. Tapi desain
SW dan terkait formalisms dan alat-alat dimaksudkan untuk memperpanjang
Web untuk menutupi data terkait, tidak, seperti yang sering diasumsikan, untuk meningkatkan pencarian
atau mendapatkan kekuatan yang lebih besar dari teks beranotasi (yang lain, terpisah,
jenis ekstensi dari Web).
Meninggalkan semantik underdetermined
berarti memaksa pengguna (manusia) untuk melakukan pembuatan rasa, seperti untuk
Misalnya dengan sistem P2P saat ini yang, jika mereka memaksakan semantik di
semua, cenderung hanya menggunakan sangat sederhana, tingkat rendah, struktur tugas-relatif. Dalam

3.1.1 Web Semantic
Tujuan Web adalah
untuk mengubah perilaku yang radikal dan menyediakan teknologi untuk melakukannya:
orang akan membuat dokumen mereka tersedia untuk orang lain dengan menambahkan link
18 Rekayasa Web
untuk membuat mereka dapat diakses dengan mengikuti lin Web Semantik (SW) merupakan upaya untuk memperluas potensi
Web dengan ekstensi analog perilaku orang. SW
mencoba untuk membuat orang untuk membuat data tersedia untuk orang lain, dan menambahkan
link untuk membuat mereka dapat diakses dengan mengikuti link.
Tujuan dari SW adalah untuk memfasilitasi menggunakan
data serta penemuan mereka, melampaui Google dalam hal ini.
Dalam konteks ini adalah layak disebut perbedaan antara
pengambilan informasi dan pengambilan data (alias questionanswering otomatis).
Tujuan yang pertama adalah untuk menghasilkan dokumen yang
relevan dengan query; dokumen ini tidak perlu menjadi unik, dan dua
episode berhasil pencarian informasi tetap dapat menghasilkan
hasil yang sama sekali berbeda. Tujuan yang terakhir adalah untuk menghasilkan
benar jawaban query.

3.1. Web semantik 19
SW adalah perpanjangan
dari WWW dalam hal yang menjadi tahap berikutnya menghubungkan - menghubungkan
data tidak dokumen.
Lapisan dari SW adalah Web Ontologi Bahasa OWL
[198], yang menyediakan sarana ekspresif dapat terhubung data ke dunia (seperti juga melakukan RDF RDF Schema atau-S - [44]). RDF dan OWL memungkinkan
pertukaran data dalam konteks dunia nyata, di atas inti ini akan
duduk bahasa query untuk RDF yang akan memungkinkan didistribusikan dataset untuk
di-query dengan cara yang standar dan dengan beberapa implementasi.

3.1.2 URI: Nama atau alamat? Atau keduanya?
URI digunakan sebagai predikat suatu mengidentifikasi hubungan antara hal-hal
diidentifikasi oleh node yang terhubung [172].

xmlns:contact="http://www.w3.org/2000/10/swap/pim/contact#">

Eric Miller

Dr.


Secara umum, menggunakan URI untuk mengidentifikasi sumber daya merupakan faktor penting
dalam pengembangan Web [33].
Hubungan, diidentifikasi dengan URI, link sumber daya yang juga diidentifikasi
oleh URI.
Skema HTTP, untuk
misalnya, dilihat sebagai skema URL.
Oleh karena HTTP adalah skema URI, meskipun
sebuah URI HTTP mengidentifikasi objek dengan mewakili akses primer
mekanisme, dan sebagainya (informal) kita bisa bicara tentang URI HTTP yang
URL. Nama / alamat Perbedaan adalah sebuah metafora spasial yang bekerja
dengan baik dalam lingkungan komputasi standar, tapi dalam jaringan
sistem komputasi perbedaan rusak.

3.1.3 Ontologi
Sebuah ontologi dapat formal atau
informal. Keuntungan dari formalitas adalah bahwa hal itu membuat ontologi
mesin-dibaca, dan karena itu memungkinkan mesin untuk melakukan lebih dalam
penalaran atas sumber daya web. Kerugiannya adalah bahwa seperti formal
konstruksi yang dianggap sulit untuk membuat.
Sejauh itu, ontologi adalah mirip dengan skema database,
kecuali bahwa itu akan ditulis dengan relatif kaya dan ekspresif
bahasa, informasi akan kurang terstruktur, dan menentukan
teori domain, tidak hanya struktur sebuah wadah data [96].
Jadi ontologi dipandang sebagai tambahan berarti yang penting untuk berbagi data, dan
Tujuan utama memperlakukan Web sebagai satu-satunya sumber informasi, tetapi
mereka juga memiliki penentangnya.
Web adalah untuk membuat kesalahan klasifikasi atas-privileging ketika
datang untuk memahami bahasa manusia dan komunikasi [113]. Ini
tentu harus ditunjukkan bahwa banyak ontologi sebenarnya digunakan, untuk
Misalnya di industri, adalah taksonomi untuk klasifikasi tujuan khusus
dokumen atau halaman Web, cenderung tidak rumit, dan tidak bergantung
pada formalisms sangat ekspresif [88].
OWL cara adalah rekayasa khusus untuk Web dan Semantic Web,
dan simbol banyak bahasa berbagi ([cf 134.]).
logika Probabilistik adalah kalkuli yang memanipulasi konjungsi probabilitas
peristiwa individu atau negara, yang mungkin paling terkenal
adalah Bayesian, yang dapat digunakan untuk menurunkan probabilitas untuk acara-acara
didasarkan pada teori sebelumnya tentang bagaimana probabilitas didistribusikan (dan
sangat terbatas data real). penalaran Bayesian merupakan hal yang biasa dalam pencarian
mesin, dan bahkan mencari spam (cf. [117]).



3.1.4 Folksonomi Dan Struktur Sosial Muncul
Penggunaan ontologi menambah struktur data. Namun, struktur
dapat muncul secara organik dari manajemen individu mereka sendiri
persyaratan informasi, selama ada orang cukup.
Ada semakin banyak aplikasi didorong oleh desentralisasi
komunitas dari-bawah ke atas, yang pergi di bawah-sakit didefinisikan tetapi


3.1. Web Semantik 31
populer nama perangkat lunak sosial. Sebagai contoh, wiki adalah sebuah situs web
yang memungkinkan pengguna dan pembaca untuk menambah dan mengedit konten, yang memungkinkan
komunikasi, argumen dan komentar, Wikipedia (http://en.
wikipedia.org / wiki / Halaman Utama untuk versi bahasa Inggris), sebuah
ensiklopedi online yang ditulis oleh komunitas pengguna, telah menjadi sangat
handal meskipun kekhawatiran yang sedang berlangsung tentang kepercayaan entri yang
dan ketakutan dari vandalisme.

3.1.5 Ontologi Folksonomi v?
Dikatakan - meskipun saat ini argumen yang hanya penyaringan perlahan
ke dalam literatur akademik - yang folksonomi lebih disukai untuk
penggunaan dikendalikan, ontologi terpusat [mis 259]. Annotating Web
halaman menggunakan kosakata terkontrol akan meningkatkan kemungkinan seseorang
balik halaman di pencarian Web yang 'benar', namun di sisi lain
basis pengguna besar heterogen dari Web tidak mungkin mengandung
banyak orang (atau organisasi) bersedia untuk mengadopsi atau mempertahankan kompleks
ontologi.

3.1. Web Semantik 33
Folksonomi adalah varian pada keywordsearch yang
tema, dan merupakan upaya yang muncul di informasi menarik
pengambilan - bagaimana saya bisa mengambil dokumen (foto, katakanlah) yang relevan
dengan konsep di mana saya tertarik? Ontologi merupakan upaya untuk
mengatur bagian dari dunia data, dan untuk memungkinkan pemetaan dan interaksi
antara data dalam format yang berbeda atau lokasi, atau yang telah
telah dikumpulkan oleh organisasi yang berbeda dengan asumsi yang berbeda.

3.1. Web Semantik 35
Tujuan dari SW harus dilihat dalam konteks rutin
sifat jenis perjanjian. SW ini dimaksudkan untuk menciptakan dan
mengelola standar untuk membuka dan membuat perjanjian ini rutin parsial
dalam format data; standar tersebut harus memungkinkan untuk
eksploitasi data relasional pada skala global, dengan bersamaan
leverage bahwa skala yang membeli.

3.1.6 Metadata
Time-stamping adalah kepentingan karena unsur temporal konteks
adalah penting untuk memahami teks (untuk mengambil sebuah contoh nyata,
ketika membaca sebuah makalah tentang geopolitik global pada tahun 2006 adalah penting untuk mengetahui
apakah itu ditulis sebelum atau setelah peristiwa 11 September, 2001).

3.2 Referensi Dan Identitas
Semantic Web mengandalkan konvensi penamaan dengan URI, dan
Tentu saja setiap bagian dari sistem pelabelan Web yang bergantung pada beberapa konvensi
atau lainnya. Masalah dengan label di Web adalah bahwa setiap
tempat, dan di bawah naungan yang, dan catatan dari rantai
[57].
Web yang mengatur prinsip-prinsip, tetapi ini tidak sentralisasi memungkinkan
skema yang berbeda dan konvensi, dan memang kecerobohan, untuk berkembang,
yang pada gilirannya membuka kemungkinan kegagalan referensi unik.

3.2.1 Referensi: Kapan Dua Benda Yang Sama?
Desentralisasi adalah masalah dari sudut pandang logis, meskipun besar
keuntungan dari yang pencipta konten. Obyek yang sama mungkin
disebut online, sempurna benar, sebagai 'Jane Doe', 'Janey Doe', 'Jane
A. Doe ',' Doe, J.A. 'dan sebagainya. Selanjutnya, setiap atau semua istilah ini
dapat digunakan untuk merujuk ke objek yang berbeda. Dan, tentu saja, asli
Jane Doe mungkin misnamed atau salah eja: 'Jnae Doe', dll
Di sisi lain, URI menyediakan Web dengan sumber daya
untuk menghindari setidaknya beberapa masalah grounding tradisional, ketika
dapat diatasi bahwa dua istilah ini menunjuk ke URI yang sama.
Jadi jika "bintang pagi" dan "bintang malam" menunjuk langsung kepada
http://ex.org/planets.owl # venus maka setiap landasan lebih lanjut berlebihan.
Di sisi lain, dua URI yang berbeda mungkin mengacu sama
objek non-jelas, dan mungkin melakukannya hanya dengan melalui beberapa operasi
di mana ia digunakan.

Web 3.3 Rekayasa: Arah Baru
pembangunan Web adalah campuran dari standar-setting, tidak terstruktur,
desentralisasi kegiatan dan inovasi, dan rekayasa yang disengaja.
Pada bagian ini kita akan fokus pada yang terakhir, dan review menonjol
teknik isu dan keharusan terbuka. Pertumbuhan Web
jelas merupakan sesuatu yg diinginkan kunci. Penyimpanan jumlah semakin besar informasi,
dalam konteks perhitungan pernah-cepat, akan sangat vital untuk
masa mendatang.

3.3.1 Web Layanan
Layanan area utama di mana kami rekayasa model kebutuhan Web
untuk terlibat dan jasa extended.Web didistribusikan potongan kode
ditulis untuk memecahkan tugas-tugas tertentu, yang dapat berkomunikasi dengan layanan lain
melalui pesan. tugas yang berskala lebih luas dapat dianalisis dan secara rekursif
dipecah menjadi sub-tugas yang dengan peta keberuntungan akan ke spesifik
tugas-tugas yang dapat diatasi oleh layanan .
Sejumlah metode proses menentukan telah berkembang selama
beberapa tahun terakhir dan diterapkan pada domain layanan Web. Misalnya,
WS-Net adalah bahasa deskripsi arsitektural berdasarkan teori
Petri jaring berwarna (yaitu perluasan dari teori Petri sederhana bersih dengan
terhormat, token diidentifikasi - lihat Bagian 4.2.5 untuk diskusi singkat
Petri jaring), yang menggambarkan komponen layanan Web dalam hal
jasa yang memberikan untuk komponen lain, layanan yang diperlukan untuk
fungsi, dan operasi internal. Hasil akhirnya adalah model yang
mencakup baik global dan aspek-aspek lokal dari sistem pelayanan, memfasilitasi integrasi layanan Web untuk mencapai tujuan-tujuan baru, sementara juga menyediakan
sebuah formalisme untuk evaluasi integrasi [296].





3.3.2 Distributed Pendekatan: Komputasi Pervasif,
P2P Dan Grid
Sebagai contoh, penemuan layanan dalam paradigma meresap harus mengambil
tempat tanpa manusia dalam loop. Layanan harus mampu mengiklankan
diri untuk memfasilitasi penemuan. Standar layanan penerbitan
akan diperlukan untuk menjamin keamanan dan privasi, kepercayaan dari layanan
keandalan, kompensasi untuk penyedia layanan, dan tepat bagaimana
layanan akan terdiri dengan layanan dipanggil lain untuk mencapai
beberapa tujuan atau memecahkan masalah yang dihadapi [179].
Ini hanyalah salah satu contoh saat ini berkembang lingkungan komputasi
yang kemungkinan akan semakin penting.
Pertanyaan bagi para ilmuwan Web adalah apa yang
fungsi penting bagi pengalaman Web dapat disimpan dalam longgar
ditambah sistem otonomi. Mengingat karakteristik yang tidak biasa P2P,
termasuk nomor yang berpotensi besar dan heterogenitas dari node P2P,
tradisional rekayasa metode seperti eksperimentasi online (yang
akan membutuhkan sejumlah besar unfeasibly pengguna untuk mendaftar ke arsitektur
dan memungkinkan transaksi mereka yang akan dimonitor) atau simulasi besar-besaran
(Skala hanya terlalu besar) akan tidak pantas. Skala
izin dari Web, yang kami akan terus melihat dalam jaringan P2P,
membuat jaringan teori model penting (lih. misalnya [249, 189]), tapi kami
harus mengharapkan eksperimentasi inovasi, radikal dan semangat wirausaha
untuk memimpin upaya dalam bidang ini.

3.3.3 Personalisasi
Web tetap lebih dari commoditised satu ukuran cocok untuk semua daerah dan
malah menjadi sebuah ruang di mana orang dapat mengukir sendiri
niche. Selain itu, mereka juga harus dapat menerima layanan yang lebih baik,
disesuaikan dengan keadaan khusus mereka sendiri dan preferensi,
untuk sama atau hanya sedikit lebih biaya [90]. sistem industri tersebut adalah
jelas aplikasi teknologi [6].
Ada banyak program teknik berjalan menyelidiki
heuristik untuk personalisasi dari informasi yang tersedia, termasuk
menggunakan mesin belajar [120], ontologi [74, 165], jaringan P2P [126],
dan menghasilkan representasi untuk memfasilitasi pengumpulan informasi pengguna
[74, 157, 223], serta menyediakan lingkungan yang memfasilitasi
personalisasi [136, 53, 194] dan link asosiatif didasarkan pada user-bukan
dari penulis-preferensi [54]. Lain benang penting dari personalisasi
rekayasa adalah pengembangan alat untuk memungkinkan neophytes relatif
untuk menciptakan atau meningkatkan pengetahuan teknik artefak kompleks, seperti
ontologi [213, 211] atau pembungkus [250].

3.3.4 Multimedia
Web adalah lingkungan multimedia, yang membuat untuk kompleks
semantik - ini tentu saja tidak masalah yang unik ke Web. Metareasoning
dan epistemologi sering menganggap media tekstual, bahkan
meskipun sebenarnya banyak penalaran dalam bentuk analog. Misalnya
ahli sering menggunakan diagram untuk mengekspresikan pengetahuan mereka [174, 263].
Namun demikian, generasi Web berikutnya tidak harus didasarkan pada
palsu asumsi bahwa teks adalah pencarian dominan dan kata kunci berbasis
akan mencukupi untuk semua tujuan . Namun, pendekatan kata kunci mungkin goyah dalam multimedia
konteks karena kekayaan yang lebih besar dari banyak non-tekstual
Media [264]. Pendekatan gambar Google pencarian bergantung pada sekitarnya
teks untuk gambar, misalnya, yang memungkinkan pencarian yang relatif cepat,
dan sekali lagi pada umumnya pengguna seringkali mampu membuat pilihan final
memilah-milah rekomendasi yang disampaikan (gambar kata kunci berbasis
pencarian cenderung menghasilkan banyak hits lebih sedikit, yang mungkin berarti mereka
banyak kemungkinan hilang masuk akal)yang wajar [127].

3.3. Rekayasa Web: Arah Baru 49
Tentu saja, media di sini tergambar adalah foto dan video; terbuka
pertanyaan penelitian tetap tidak hanya tentang seberapa jauh orang bisa masuk
pencarian dengan pendekatan semacam, tetapi juga tentang berapa banyak media akan menyerah
sedemikian pendekatan dengan cara yang terintegrasikan.

3.3.5 Pemprosesan Bahasa Alam
NLP berhubungan dengan Web dalam beberapa cara. Di tempat pertama, alam
bahasa adalah domain yang sangat jarang, dalam kalimat yang paling diucapkan
atau tertulis hanya terjadi sekali atau sangat jarang, dan skala raksasa
Web menyediakan sebuah korpus menarik untuk penalaran NLP. Sebuah angka perkiraan baru-baru ini
untuk ukuran dari Web adalah dua ribu miliar kata, yang
71% adalah bahasa Inggris, Jepang 6,8% dan 5,1% Jerman.
Setara dalam SW kata-kata
bahasa alami adalah istilah-istilah logis, yang URI yang menonjol. Demikian
kita memiliki disanalogy langsung antara NLP dan SW, yang
yang URI, tidak seperti kata-kata, mempunyai pemilik, dan sehingga dapat diatur. Yang
bukan untuk mengatakan bahwa peraturan tersebut akan menjamin kekebalan dari makna
drift bahwa linguis mendeteksi, tetapi juga dapat memberikan stabilitas yang cukup selama
jangka pendek medium.

TENTANG WEB SCIENCE

Saya akan menjelaskan apa itu web dan sejarah web. apakah itu web science? Apakah web science sama dengan web atau website?
Saya akan menjawab apa itu web science. webscience merupakan ilmu yang diterapkan untuk mengembangkan web, mengembangkan pengguna web, dan admin dari web itu sendiri. Pelopor web science itu sendiri adalah para ilmuwan dari MIT dan University of Southampton.
Kemudian akan saya jabarkan dalam tulisan di bawah ini. Apa itu web science?

Sekarang, sudah tidak asing lagi bagi kita dengan istilah-istilah website. Dari website yang isinya formal, sampai yang isinya cuma jebakan betmen untuk ningkat-in rank page semata. Sekarang ada lagi istilah Web Science. Apaan tuh? Awalnya saya pikir, web science itu adalah sebuah website yang isinya tentang sesuatu yang berbau ilmu pengetahuan. Ternyata memang ada benarnya juga, sebab web science diciptakan untuk memuat ilmu pengetahuan di dalamnya plus cara-cara membuat website yang baik dan benar (ha?).

Web science merupakan ilmu pengetahuan yang telah diteliti dari Web yang muncul melalui desentralisasi sistem Informasi. Ilmu ini sudah ada sejak tahun 1990 yang di buat secara team yang diberi nama berners-lee. Pada jaman tersebut dikenalkan pertama kali yaitu web 1.0 yang masih bersifat read-only, kemudian dilanjutkan dengan generasi web 2.0 yang sifatnya bisa menulis dan membaca (read-write), sedangkan pada generasi web 3.0 itu hanya untuk mengembangkan hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan mesin, dan mesin dengan mesin.

Perkembangan Web Science
Pengembangan-pengembangan terhadap web science pun mulai bervariasi. Seiring dengan ditambahkannya aplikasi penunjang untuk user dalam memperindah tampilan web nya, mendekor ulang website sama mudahnya seperti menanak nasi. Saat ini telah banyak program untuk membuat website. Beberapa diantaranya dapat dipakai meski kita sedang offline, contohnya adalah joomla yang bisa digunakan tanpa harus tersambung dengan internet. Aplikasi online lainnya adalah dreamweaver, adobe go live, dsb. Tinggal pilih mana yang sesuai kebutuhan. Sedikit bocoran mengenai aplikasi yang paling diminati oleh user adalah aplikasi joomla, karena bersifat offline. Selain itu, Joomla memiliki setting yang mudah dan perangkat aplikasi didalamnya sudah cukup cangih.

Sejarah Web Science
Tanggal 4 Oktober 1957, telah terjadi perubahan dunia. Negara terbesar dunia yaitu Uni Soviet berhasil meluncurkan satelit pertama di dunia ke orbit bumi yang dinamakan “Sputnik 1″. Dengan peluncuran satelit ini membuat seluruh dunia tercengang terutama negara Amerika Serikat yang juga mempunyai program untuk peluncuran satelit ke orbit bumi tetapi belum sempat diluncurkan.
Hal ini secara langsung memicu negara amerika serikat membentuk suatu Departemen Pertahanan ARPA Amerika Serikat (Agensi Projek Penelitian Lanjutan), yang bertujuan untuk meneliti dan mengembangkan ide teknologi lanjutan dan penciptaan Internet.
DARPA adalah suatu lembaga penelitian yang ada di negara Amerika Serikat. Ini adalah lembaga yang melakukan penelitian dan menemukan teknologi Internet. DARPA adalah singkatan dari Defense Advance Research Project Agency. Temuan yang dilakukan oleh DARPA yang siknikan tidak hanya Internet, tetapi juga microelektronik kecepatan tinggi, stealth dan teknologi satelit, pesawat tak berawak, dan material baru.
DARPA didirikan pada tahun 1958 dengan anggaran belanja sebesar $ 500 jt, setelah satelit Sputnik diluncurkan oleh Sovyet. Rencana untuk jaringan komputer (yang akan dinamakan “ARPANET”) dipersembahkan pada Oktober 1967 dan sebuah jaringan 4 komputer telah berfungsi pada Desember 1969. Masalah utama dalam pembuatan jaringan adalah bagaimana untuk menghubungkan jaringan fisik yang berbeda tanpa menghabiskan sumber daya untuk hubungan yang terus menerus. Teknik yang memecahkan permasalahan ini dikenal sebagai peralihan paket dan teknik ini meliputi perintah pembagian data menjadi bagian yang lebih kecil, yang dapat diproses lebih cepat tanpa menghalangi komunikasi bagian lain.
Pengembangan jaringan ini ternyata sukses dan ARPANET Tahun 1972, ARPANET di demontrasikan di depan peserta The First International Cenference on Computer Communication dengan menghubungkan 60 node.
Aplikasi internet yang pertama kali di temukan adalah FTP. Kemudian menyusul e-mail, dan telnet. Ukuran ARPANET sendiri semakin lama semakin membesar, protocol komunikasi data yang di gunakan pada waktu itu yaitu, NCP (network Commination Protocol), tidak sanggup menampung node komputer yang besar ini, DARPA kemudian mendanai pembuatan protocol komunikasi yang lebih umum ini dianamakan TCP/IP departemen pertahanan Amerika serikat menyatakan TCP/IP menjadi standart untuk jaringan pada tahun 1982. Protocol ini kemudian di adopsi menjadi standart ARPANET pada tahun 1983
Pada tahun 1984 jumlah host di internet melebihi 1000 buah. pada tahun 1984 di perkenalkan Domain nama system (DNS) yang mengganti fungsi tabel nama Host. System domain ini lah yang kita gunakan untuk menulis nama host.
Pada tahun 1986, lembaga ilmu pengetahuan nasional Amerika serikat U.S National Science Foundation (NSF) mendanai pembuatan jaringan TCP/IP yang dinamai USFNET. Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan lima pusat komputer super dan memungkinkan terhubungnya universitas-universitas di Amerika serikat.
Pada tahun 1987 berdiri UUNET yg saat ini merupakan sala satu provider utama Internet. Tercatat pula pada tahun 1987 jumlah host melewati angka 10.000. di samping itu juga terdapat beberapa negara di eropa yang masuk ke jaringan NSFNET.
Di European Laboratory for Particle Physics ( CERN ), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik. Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web.
Gopher adalah sistem pengambilan informasi yang digunakan pada awal tahun 1990 untuk mengirim menu link ke file-file, sumber daya komputer dan menu lainnya. Menu-menu ini dapat melewati batasan-batasan komputer dan memanfaatkan internet untuk pengumpulan menu dari sistem-sistem lainnya. Sehingga sangat populer dikalangan universitas yang ingin menyediakan informasi dikampus dan perusahaan yang ingin menyentralisasikan penanganan dan penyimpanan dokumen.
Gopher diciptakan di Universitas Minnesota. Pada bulan Januari 1993, mereka mengumumkan bahwa akan ada biaya lisensi untuk pemakaian referensi terapan dari server Gopher. Akibatnya, banyak perusahaan yang mulai mencari alternatif lain.
Dewan Penelitian Nuklir Eropa (CERN) yang di Switzerland memiliki alternatif serupa. Dan waktu itu, Tim Berners-Lee sedang mengerjakan suatu sistem penanganan informasi dimana teks bisa berisi link dan referensi ke karya lain yang memungkinkan pembaca bergerak dari satu dokumen ke dokumen lainnya dengan cepat. Dia juga menciptakan sebuah server untuk mempublikasikan dokumen jenis ini (yang dinamakan hypertext) dan juga program pembaca dokumen yang dinamakan “WorldWideWeb”. Program ini pertama kali dirilis pada tahun 1991, tetapi ada dua kejadian yang menyebabkan ledakan popularitas dan akhirnya menggantikan Gopher.
Perbedaan Web berdasarkan Versi
Pada Web 1.0 masih bersifat read-only. Jadi isi dari web tersebut hanya dapat dibaca oleh penggunanya. Tanpa ada interaksi sedikitpun antara penguna dan web tersebut.
Pada Web 2.0 bergerak ke arah read-write. Pada Web 2.0 kegiatan sosial sudah dimulai, dengan semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, friendster dan sebagainya. Sehingga sudah terjadi interaksi antara web dengan penggunanya. Tetapi kendala utama pada Web 2.0 adalah penangan untuk pertukaran data atau interoperabilitas masih sulit.
Sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin. Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Penelitian ini sangat memperhatikan ‘budaya’ sebuah komunitas terhadap kebutuhan akan sebuah data atau informasi. Melihat begitu pesatnya perkembangan dari world wide web, sudah merupakan sebuah kewajiban bagi kita khususnya para mahasiswa untuk mempelajari lebih jauh mengenai web science. Pasti akan sangat berguna sekali untuk masa depan jika kita menguasai beberapa point penting yang ada dalam web science. Keep learning and keep our eyes on website.

Aplikasi yang digunakan pada web science :
• Mozilla
• Mozilla Firefox (sebelumnya bernama Firebird dan Phoenix)
• CometBird
• Epiphany, browser default GNOME saat ini
• Camino untuk Mac OS X (sebelumnya bernama Chimera)
• K-Meleon untuk Windows
• Kazehakase browser web GTK2 yang sangat ringan untuk GNU/Linux
• Beonex Communicator
• Browser Web IBM untuk OS/2
• Aphrodite
• Salamander
• Skipstone
• BackArrow (berbasis Skipstone)
Browser berbasis Internet Explorer
• Internet Explorer
• Chakra Browser
• Avant Browser
• Crazy Browser
• iRider
• MSN Explorer
• Maxthon (sebelumnya bernama MyIE2)
• NeoPlanet
• NetCaptor
• Tablane Browser
• versi-versi browser yang diikutkan pada antarmuka AOL
Browser berbasis GRML
• Pioneer Report MDI
• Tree MDI
• Bar Graph MDI
Browser berbasis KHTML
• Konqueror
• Safari
• ABrowse
• OmniWeb (4.5 and later)
• SkyKruzer
• Shiira
Browser lainnya
• Opera
• Google Chrome
• Enigma browser
• Oregano
• Amaya
• iCab
• NetPositive
• OmniWeb
• Dillo
• IBrowse
• AWeb
• Voyager
• Espial Escape
• HotJava
• Arachne
• Off By One
• Emacs/W3
• Grail
• My Kids
• Advanced
• Fast Browser Pro
• GoSuRF
• XANA Web Browser
• FastStone
• Freeware Browser (namanya memang freeware)
• 32bit
• Cygsoft LDAP
• Ideal
• The Nubonyx
• Dimension
• Flock
Berbasis Handphone
• Doris Browser (untuk nokia 7650)
• Opera Mini
• OpenWave
Berbasis teks
• Lynx
• Links
• ELinks
• w3m
• Netrik
Browser lama yang tidak lagi dikembangkan
• WorldWideWeb
• Mosaic
• AMosaic
• Netscape Navigator
• Arena
• Cello
• CyberDog
• IBM Web Explorer
• MidasWWW
• ViolaWebRouser